4 Cara Kempeskan Benjolan Wasir Pada Anus dengan Cepat

Wasir atau biasa juga disebut dengan ambeien adalah benjolan pada anus yang diakibatkan oleh pembengkakan pembuluh darah disekitarnya. Penyebab pembengkakan ini bermacam-macam, dimulai dari aktivitas duduk yang terlalu lama, makanan pedas, atau susah buang air besar yang terus menerus.Untuk mengatasinya, berikut ini adalah cara kempeskan benjolan wasir pada anus dengan cepat:

Cara Kempeskan Benjolan Wasir Pada Anus dengan Cepat

Cara Kempeskan Benjolan Wasir Pada Anus Secara Cepat dan Alami

Mengonsumsi Obat Wasir

Obat wasir saat ini dapat dengan mudah Anda temukan di apotik atau di toko online dengan harga yang terjangkau. Namun, apabila Anda merasa belum yakin dengan pilihan obat tersebut, obat herbal mungkin bisa menjadi alternatif lain. Obat herbal atau obat yang berasal dari tumbuhan alami, biasanya cukup mudah untuk ditemukan. Beberapa obat herbal untuk wasir justru dapat Anda temukan di dapur sendiri. Berikut ini adalah beberapa tumbuhan herbal yang dapat segera Anda konsumsi untuk mengempeskan benjolan wasir dengan cepat dan mudah:

Akar dan Batang Kangkung

Saat memasak, bagian dari kangkung yang digunakan biasanya hanya daun dan beberapa bagian batangnya. Sisa dari batang kangkung yang menyatu dengan akarnya dapat Anda gunakan sebagai obat herbal dalam mengempeskan atau mengecilkan benjolan wasir. Bagian batang dan akar memiliki kandungan mineral dan vitamin yang ampuh untuk mengatasi wasir, seperti zat besi, fosfor, vitamin A, vitamin C, vitamin B1 dan banyak lainnya.

Untuk mengonsumsinya, seikat akar dan batang kangkung harus dicuci hingga bersih. Setelah itu, rebus bersama 2 gelas air (disarankan air matang, bukan air mentah). Biarkan mendidih hingga air menyusut setengahnya. Setelah itu, air rebusan dapat disaring dan langsung diminum. Rebusan akar dan batang kangkung ini dapat dikonsumsi sehari sekali.

Bawang Putih

Bahan dapur yang satu ini dikenal sangat mujarab untuk berbagai jenis penyakit. Diantara jenis bawang lainnya, bawang putih memiliki kandungan Allicin yang paling tinggi dan kompleks. Kandungan Alicin ini pada dasarnya memiliki manfaat anti-oksidan dan anti-bakteri yang sangat bermanfaat untuk merevitalisasi sekaligus melindungi tubuh kita dari dari gangguan bakteri (infeksi, bau tidak sedap, dan lainnya). Karena manfaatnya ini, bawang putih dapat dikonsumsi dengan cara dimakan dan juga dipergunkan sebagai salep untuk kempeskan benjolan wasir.

Untuk mengonsumsi langsung, 3 siung bawang putih dapat diblender hingga menjadi jus dan diminum sehari sekali. Sementara, untuk dijadikan sebagai salep, 2 siung bawang putih ditumbuk hingga halus, lalu dioleskan dibagian wasir setiap hari.

Daun Sirsak

Manfaat daun sirsak tentu sudah tidak asing lagi, terlebih saat ini sudah sangat banyak obat herbal ekstrak daun sirsak yang dijual di pasaran. Untuk mengonsumsi daun sirsak sebagai obat wasir sangatlah mudah. Daun sirsak cukup dicuci bersih dan direbus bersama 2 gelas air matang hingga mendidih. Biarkan rebusan mendidih hingga air menyusut setengahnya. Setelah selesai, air rebusan dapat langsung diminum. Air rebusan ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dan aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Kulit Manggis

Selalu ada kabar gembira dari kulit manggis, salah satunya untuk mengempeskan benjolan wasir. Manfaat dari kulit manggis yang begitu beragam tentunya sudah tidak asing lagi seperti halnya daun sirsak. Namun, untuk mengonsumsi kulit manggis, cara yang diperlukan agak sedikit berbeda.

Sebelum buah manggis dibuka, terlebih dahulu buah harus dicuci bersih. Setelah itu, kulit manggis dikupas dan dipisahkan dari buahnya. Jemur kulit manggis hingga kering. Setelah kulit manggis tersebut kering, rebus kulit manggis seperti kita merebus teh. Kulit manggis tidak perlu direbus hingga airnya menyusut, cukup hingga zat di dalam kulit manggis tersebut menyatu dengan air (dapat terlihat dari warna airnya). Setelah mendidih, air rebusan kulit manggis dapat segera diminum. Rebusan ini aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Menjaga Pola Makan

Karena anus memiliki peran sebagai saluran pembuangan, makanan yang Anda konsumsi akan mempengaruhi kondisinya secara langsung. Untuk mengurangi pembengkakan, pola makan harus dijaga agar tidak menyebabkan sembelit atau mengandung zat yang memicu pembengkakan. Diet makanan yang baik untuk menjaga agar wasir Anda segera mengempes adalah sebagai berikut:

  • Banyak minum air putih, minimal 2 liter dalam sehari agar kotoran tidak kekurangan air hingga menjadi keras
  • Perbanyak konsumsi serat untuk membantu kerja pencernaan
  • Hindari makanan yang asam, pedas, atau yang secara tidak langsung memicu keasaman lambung, seperti misalnya buah durian dan nangka
  • Hindari minuman yang dapat meningkatkan keasaman lambung, misalnya seperti kopi, soda, dan alkohol

Menggunakan Bantal Donat

Saat wasir membengkak, Anda tidak disarankan untuk duduk berlama-lama karena dapat meningkatkan tekanan pada bagian anus. Namun, apabila Anda memang terpaksa harus duduk dalam waktu yang lama, sebaikanya Anda menggunakan bantalan donat. Bantalan ini pada dasarnya adalah air cushion yang berbentuk bulat dan memiliki lubang ditengahnya seperti donat. Fungsingya adalah mengurangi tekanan pada anus dengan cara menempatkan bantal donat di bawah pantat Anda saat Anda duduk. Bantal ini sudah tersedia di berbagai toko online dengan harga yang terjangkau.

Mengurangi Gesekan pada Anus

Salah satu hal penting dari wasir, pembengkakan menyebabkan kulit sekitar wasir menjadi sangat sensitif. Sehingga, saat wasir Anda sedang bengkak, pastikan Anda tidak menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat dan berbahan kasar (direkomendasikan bahan katun) serta berjalan jauh dalam waktu yang lama. Hal ini bertujuan untuk mengurangi gesekan pada bagian anus Anda sehingga tidak memperparah pembengkakan atau membuat anus Anda menjadi lecet/luka.

Leave a Comment