Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien

Cara menghilangkan benjolan ambeien adalah satu-satunya cara untuk menyembuhkan penyakit wasir. Penyakit wasir adalah sebuah penyakit yang disebabkan karena pembengkakan pembuluh vena. Pembengkakan vena ini bisa terjadi di dalam ataupun di luar. Keduanya menyebabkan rasa sakit yang parah jika sudah masuk ke stadium 3 hingga 4. Pembengkakan vena inilah yang dikenal sebagai benjolan ambeien, oleh karena itu seperti yang telah disebutkan sebelumnya, untuk mengobati ambeien, benjolan ini perlu di hilangkan. Lalu bagaimana caranya untuk menghilangkan benjolan ini? Berikut adalah ulasannya.

Cara menghilangkan benjolan ambeien

Cara menghilangkan benjolan ambeien secara alami

Stadium dalam penyakit ambeien / wasir

Sebelum kita belajar mengenai cara menghilangkan benjolan ambeien ini, mari kita simak mengenai tingkat keparahan dari penyakit ambeien atau wasir. Sesungguhnya penyakit wasir bisa dikatakan berbahaya ataupun tidak. Sebetulnya penyakit ini merupakan penyakit yang bisa disembuhkan dengan mudah. Contohnya dengan menggunakan tindakan medis seperti operasi atau menggunakan obat ambeien alami. Oleh karena itu penderita wasir yang sudah parah dan merasa putus asa bisa langsung menghubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan guna menjalankan prosedurnya. Bagi anda para penderita yang masih berada pada stadium 1 atau 2 pada penyakit wasir, pengobatan tanpa menggunakan operasi masih mungkin untuk dilakukan. Sebetulnya ada juga cara mengobati ambeien stadium 3 dan 4 tanpa operasi tapi akan memakan waktu lebih lama sehingga penderitaan yang anda alami karena penyakit ambeien ini akan semakin panjang. Jadi sebelum menjadi parah sebaiknya lakukan deteksi dini mengenai penyakit wasir sehingga tidak makin parah.

Salah satu cara menghilangkan benjolan ambeien adalah dengan mendeteksi penyakit wasir ini adalah dengan mengetahui gejala-gejala wasir berdasarkan stadiumnya. Lalu apa saja stadium-stadium dalam penyakit wasir? Berikut ini adalah ulasannya.

Ambeien Stadium 1

Stadium 1 pada wasir adalah permulaan terjadinya penyakit wasir. Pada stadium ini anda biasanya tidak merasakan gejala apapun hanya saja anda akan merasa tidak nyaman pada saat buang air besar. Hal ini disebabkan karena bagian dalam anda sudah mengalami pembengkakan, pembengkakan ini bisa disebabkan karena anda sering buang air besar dengan mengejan, kembung berkepanjangan, hamil, atau memiliki masalah obesitas. Pebengkakan hanya bisa dikenali dengan menggunakan pemeriksaan endoskopi tapi jika anda mengalai rasa tidak nyaman saat buang air besar maka anda sudah perlu waspada. Rubah kebiasaan hidup anda menjadi lebih baik seperti mengkonsumi makanan lebih kaya serat, menghindari makanan berlemak, minuman berkarbonasi, banyak minum air putih untuk melancarkan buang air besar dan menghindari pembengkakan vena anda. Hal ini merupakan salah satu cara menghilangkan benjolan ambeien yang sudah mulai terbentuk di dalam anus anda.

Ambeien Stadium 2

Pada stadium 2 ini bagian anus mulai membengkak, pembengkakan vena mungkin tidak terjadi dengan ukuran yang sangat besar, akan tetapi pembengkakan akan makin besar ketika anda buang air besar dengan mengejan. Pembuluh vena yang bengkak pada stadium 2 ini nantinya akan keluar pada saat anda buang air besar dan masuk lagi dengan sendirinya secara spontan. Pada masa ini anda masih bisa menyelamatkan diri anda dengan menerapkan pola hidup sehat dan menghindari hal-hal yang meningkatkan potensi pembengkakan lebih lanjut.

Pada stadium ini ciri-ciri penyakit wasir sudah mulai mudah untuk dikenali, salah satu cirinya adalah rasa panas pada saat buang air besar dan juga pada saat terlalu lama duduk. Rasa panas yang terjadi pada stadium 2 ini merupakan salah satu akibat dari infeksi yang terjadi pada anus anda.

Ambeien Stadium 3

Pada stadium 3 ini pembengkakan vena menjadi makin parah, vena yang bengkak yang sebelumnya masuk secara spontan kini tidak bisa masuk kembali, harus ada pertolongan dari jari untuk memasukkannya agar rasa sakit dan nyeri tidak terasa.

Ambeien Stadium 4

Pada stadium ini pendarahan terjadi makin sering karena pembengkakan vena yang terjadi. Pembengkakan ini tidak bisa di masukkan. Jadi satu-satunya cara adalah dengan menggunakan cara menghilangkan benjolan ambeien.

Cara menghilangkan benjolan akibat pembengkakan vena di anus

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Pembengkakan vena pada stadium 4 adalah pembengkakan vena anus yang sudah tidak bisa ditolong lagi dengan memasukkannya pada anus baik secara spontan ataupun dengan bantuan jari. Jika hal ini terjadi maka anda bisa mengikuti beberapa cara berikut ini untuk meringankan gejala pembengkakan vena di anus. Bagaimana? Berikut ulasannya.

Menggunakan hydrocortisone

Salah satu cara untuk menghilangkan benjolan yang disebabkan karena pembengkakan vena di anus adalah dengan menggunakan krim hydrocortison. Krim ini merupakan krim yang dapat membantu meringankan gejala pembengkakan vena dan membantu meringankan rasa sakit dan nyeri yang disebabkan karena ambeien. Bagi anda yang ingin menghilangkann benjolan dengan menggunakan krim ini pastikan anda memiliki rekomendasi dari dokter. Mengapa? Pasalnya krim yang memiliki kandungan hydrocortison ini jika digunakan makin lama dapat menyebabkan kerusakan jaringan kulit oleh karena itu pastikan anda menggunakanya sesuai dengan anjuran kemasan atau dengan menggunakan petunjuk dokter.

Kompres es

Selain menggunakan bantuan topikal krim seperti hydrocortison, satu lagi cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan benjolan ambeien akibat pembengkakan vena di anus anda yaitu dengan mengompres bagian dubur anda dengan menggunakan es. Hal ini dapat digunakan untuk membantu mengurangi peradangan sehingga pembuluh darah dapat menjadi lebih kecil. Cara ini selain merupakan cara menghilangkan benjolan ambeien juga merupakan cara untuk mengatasi rasa nyeri yang terjadi karena pembengkakan vena di anus anda.

Leave a Comment