Cara Meracik Daun Ungu Untuk Obat Wasir, Ambeien

Cara meracik daun ungu untuk obat wasir, ambeien itu sangatlah mudah dan gampang. Wasir atau ambeien merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat umum pada saat ini, di mana kasus pada penyakit ini memang cukup banyak dijumpai khususnya di kalangan manusia yang sudah memasuki rentang usia 45 hingga usia 75 tahun. Adapun penyakit ini memiliki 2 macam jenis atau tipe, yaitu jenis ambeien dalam dan jenis ambeien luar. Gejala yang paling umum dari penyakit jenis ini biasanya adalah munculnya rasa tidak nyaman khususnya pada saat sedang buang air besar, atau juga pada saat sedang duduk. Gejala umum yang lainnya biasanya adalah timbulnya rasa gatal serta adanya pendarahan pada wilayah di sekitar anus penderitanya. Guna bisa mengobati penyakit yang satu ini, salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan ramuan herbal yang dibuat dari daun ungu.

Tanaman daun ungu sebagai tanaman herbal terpercaya sejak lama

Cara Meracik Daun Ungu Untuk Obat Wasir

Daun ungu itu memang sudah lama terkenal sebagai salah satu jenis tanaman herbal yang bisa kita jadikan obat atau ramuan alternatif untuk mengobati sakit ambeien secara aman dan alami. Bahkan, ada beberapa produk obat tanaman herbal yang dikhususkan untuk wasir memang juga selalu memanfaatkan khasiat dan peran daun ungu ini sebagai salah satu komposisi utamanya. Oleh karena itulah, daun ungu ini menjadi pilihan tepat yang bisa membantu anda dalam upaya menyembuhkan penyakit wasir secara tuntas dan alami, yang tentu saja tidak akan menimbulkan gejala efek samping yang sifatnya bisa membahayakan kesehatan para penderitanya.

Apa itu tanaman daun ungu ?

Daun ungu, juga sering disebut dengan daun wungu, memiliki nama ilmiah yaitu Graptophyllum Pictum. Daun ungu ini merupakan tanaman herbal tradisional yang banyak tumbuh di daerah Papua Nugini, yang setelah itu banyak menyebar luas hampir ke seluruh pelosok Indonesia. Pada beberapa daerah, tanaman daun ungu ini juaga biasa dikenal dengan nama nama tanaman demung, tanaman tulak, daun wungu, tanaman temen-temen, tanaman handeuleum, tanaman karotong, daun temen, tanaman kadi-kadi, daun kobi-kobi, dan juga tanaman putri. Di pulau Jawa sendiri, tanaman daun ungu ini biasanya tumbuh di dataran dengan ketinggian hinga pada 1251 mdpl. Untuk tempat hidupnya, tanaman daun ungu biasanya banyak tumbuh di daerah yang memang banyak terkena sinar matahari secara langsung. Di samping itu, daun ungu ini bisa tumbuh di daerah yang cenderung lembab, serta juga daerah yang agak hangat.

Hingga pada saat ini, banyak sekali masyarakat Indonesia yang sengaja memanfaatkan tanaman daun ungu ini sebagai salah satu bahan obat ambeien alami.

Manfaat tanaman daun wungu untuk mengobati penyakit ambeien dan wasir

Manfaat dari tanaman daun ungu itu salah satunya juga bisa sebagai obat untuk sakit ambeien dan wasir. Karena di dalam daun ungu itu ada terdapat beberapa kandungan senyawa seperti steroid, senyawa alkaloid, senyawa tanin, senyawa glikosida, senyawa saponin, senyawa tanin, senyawa klorofil, senyawa kalsium oksalat, senyawa asam formik, dan juga kandungan lemak nabati yang sehat.

Manfaat dari tanaman daun ungu yang digunakan untuk mengobati ambeien itu juga sudah diteliti oleh banyak peneliti kesehatan di Amerika dan Eropa. Para peneliti kesehatan itu telah mengatakan bahwa di dalam tanaman daun ungu juga terdapat kaya kandungan akan zat anti-hemorrhoid. Kandungan zat anti-hemorrhoid inilah yang punya khasiat baik untuk mendukung proses pemulihan penyakit wasir dan ambeien secara total dan aman.Tidak cukup sampai disana saja, para peneliti dari banyak universitas ternama di Indonesia juga telah sepakat mengenai peran penting dari zat-zat dan senyawa-senyawa yang ada terkandung di dalam tanaman daun ungu tersebut. Dan dari sanalah, pada akhirnya tanaman daun ungu ini semakin dipercaya dan diyakini sangat berkhasiat untuk menjadi obat tradisional. Tidak hanya melulu berkhasiat dalam menyembuhkan sakit ambeien dan wasir saja, daun ungu ini bisa anda gunakan sebagai sarana pereda rasa nyeri, dan juga bisa menghambat adanya pertumbuhan sejumlah bakteri dan jamur di dalam tubuh anda.

Sejumlah penelitian lainnya juga telah menemukan beragam manfaat yang sangat luar biasa dari tanaman daun ungu ini, di mana kandungan zat Pektin dalam daun ini juga terbukti sangat bermanfaat untuk bisa membantu menyembuhkan sekaligus mencegah datangnya penyakit wasir dan ambeien.

Zat Pektin itu juga bisa membantu anda untuk bisa mengembangkan saluran pencernaan, sehingga bisa memudahkan proses pengeluaran dari zat sisa, atau pemebersihan organ usus, dan juga memperlancar pengeluaran zat feses.

Cara dalam pengolahan tanaman daun ungu jadi obat ambeien /wasir

Dalam mengobati penyakit wasir dan ambeien, ramuan obat tradisional daun ungu ini sangat mudah untuk diracik secara mandiri di rumah anda masing-masing. Pertama, anda bisa mengambil beberapa helai daun ungu segar yang kemudian anda cuci sampai bersih. Kemudian yang kedua anda bisa segera merebus daun ungu tersebut di dalam dua setengah gelas air putih matang, tunggulah sampai rebusan itu benar-benar mendidih, dan menjadi tersisa sampai satu gelas saja. Kemudian tahap ketiga, anda harus saring rebusan tadi, dan kemudian rebusan tadi bisa segera anda minum selagi masih hangat. Ramuan obat ambeien tradisional ini sangat kami sarankan untuk dilakukan secara rutin setiap hari, agar anda mendapatkan kesembuhan yang maksimal. Nah, semoga informasi dan artikel yang sudah kami berikan di atas bisa membantu anda untuk bisa tahu mengenai cara meracik daun ungu untuk obat wasir, ambeien.

Leave a Comment