Mengenal Ambeien, Penyebab dan Cara Mengatasi Ambeien

Penyebab dan cara mengatasi ambeien atau wasir – Sekitar 50 persen orang dewasa mengalami gejala ambeien pada usia 50 tahun maka dari itu sangat penting kita untuk mengenal ambeien lebih dekat.

Jenis ambeien

Cara mengatasi ambeien secara alami

Ambeien dalam istilah kedokteran dikenal sebagai hemorrhoid. Ambeien bukanlah suatu penyakit melainkan kondisi patologis karena adanya perubahan anatomi pada pembuluh darah yaitu pembuluh darah vena membengkak atau melebar di rektum dan anus. Rektum merupakan bagian akhir dari usus besar yang berhubungan dengan anus, sedangkan anus adalah ujung akhir dari saluran pencernaan dimana feses dikeluarkan dari tubuh.

Ambeien atau wasir atau hemorrhoid bisa terjadi internal ataupun eksternal. Ambeien internal terjadi di dalam rektum. Karena saraf dalam rektum sedikit, ambeien internal biasanya tidak menimbulkan rasa nyeri sehingga penderitanya sering kali tidak menyadari bahwa dirinya memiliki ambeien. Umumnya ambeien internal baru diketahui ketika penderitanya buang air besar dan menemukan adanya darah pada fesesnya.

Ambeien eksternal terjadi di anus. Ambeien eksternal lebih sering terjadi dan lebih banyak menimbulkan masalah misalnya saja nyeri, gatal, dan duduk jadi susah. Ambeien bisa saja terdorong keluar anus bersamaan dengan feses sehingga dokter bisa melihat ambeien dengan jelas serta merabanya, Penggumpalan darah atau thrombosis sering kali menyertai ambeien. Jika ambeien yang terdorong keluar anus mengalami thrombosis, ambeien akan tampak berwarna biru atau ungu dan bisa saja berdarah. Meski penampilannya mengerikan dan bisa menimbulkan nyeri, ambeien eksternal dengan thrombosis bukanlah kondisi yang serius dan darurat. Ambeien eksternal bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Jika penderita mengeluh nyeri yang luar biasa, dokter biasanya akan memberi obat pengencer darah karena nyeri disebabkan oleh darah yang menggumpal.

Ambeien bisa terjadi pada siapa saja karena setiap orang memiliki pembuluh darah vena di rektum dan anusnya. Usia rentan terjadinya ambeien adalah antara rentang usia 45-65 tahun.

Penyebab ambeien atau wasir berdarah

Ambeien atau wasir berdarah disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah vena di rektum atau di anus. Kondisi ini menyebabkan rektum dan anus gampang sekali iritasi dan berdarah. Pembengkakan pembuluh darah vena bisa terjadi karena beberapa sebab seperti:

  • Obesitas,
  • Kehamilan terutama saat kandungan mulai membesar,
  • Terlalu lama duduk atau terlalu lama berdiri,
  • Terlalu keras mengejan saat buang air besar atau melahirkan,
  • Konstipasi atau diare menahun,
  • Terlalu banyak dan terlalu sering makan rendah serat,
  • Batuk,
  • Bersin,
  • Muntah,
  • Olahraga angkat beban,
  • Anal seksual atau hubungan seksual melalui anus.

Cara mengatasi ambeien atau wasir berdarah

Cara mengatasi ambeien bisa dilakukan dengan medis ataupun cara alami. Penanganan ambeien berupa:

Pencegahan ambeien

Banyak mengonsumsi makanan berserat seperti buah, sayuran, dan kacang-kacangan dan banyak minum air, minimal 8 gelas air yang harus dikonsumsi setiap hari. Makanan berserat dan banyak minum air ini akan melunakkan feses sehingga buang air besar jadi lancar dan Anda tidak akan mengalami konstipasi atau sembelit yang bisa menjadi penyebab wasir. Tambahan suplemen fiber juga bisa membantu ketika Anda merasa pola diet Anda rendah serat.

Baca juga : Obat wasir berdarah

Jangan tunda buang air besar ketika Anda mulai merasa sakit perut untuk mencegah feses mengeras dan menimbulkan ambeien. Hentikan kebiasaan mengejan terlalu keras saat buang air besar. Lakukan peregangan tubuh misalnya berdiri dan berjalan-jalan sebentar ketika Anda sudah duduk terlalu lama apalagi jika Anda duduk di atas permukaan yang keras seperti ubin lantai. Lakukan olahraga secara rutin dan tidur yang cukup setiap malam.

Menghilangkan nyeri

Untuk mengurangi rasa nyeri pada ambeien eksternal, penderita bisa berendam dalam air hangat selama kurang lebih 10 menit setiap hari atau duduk di atas botol air hangat. Jika nyerinya terasa amat sangat, penderita bisa membeli salep, krim khusus ambeien di apotek. Obat penghilang rasa sakit seperti aspirin, ibuprofen dan acetaminophen juga baik untuk menghilangkan nyeri ambeien.

Mengurangi pembengkakan

Gunakan kompres dingin untuk mengurangi pembengkakan akibat ambeien di anus. Terapkan kebiasaan higienis dengan cara rajin membersihkan anus dengan air hangat pada saat mandi. Jangan gunakan sabun karena kandungan kimia dalam sabun sering kali bisa memperparah kondisi ambeien. Biasakan untuk selalu membawa tisu basah kemanapun Anda pergi, jadi ketika Anda menggunakan toilet umum Anda tidak perlu memakai tisu kering yang disediakan di sana karena tisu kering dapat mengiritasi dan menimbulkan perdarahan pada ambeien.

Tindakan medis

Jika cara di atas tidak bisa mengatasi ambeien baik itu nyeri maupun pembengkakan, maka dokter akan menyarankan tindakan medis seperti ligasi (pengikatan) dengan gelang karet atau skleroterapi. Ligasi dengan gelang karet biasa disebut ikatan Barron. Gelang karet khusus akan dipasang untuk mengikat area ambeien sehingga aliran darah yang menuju area ambeien akan terhenti. Akibat terhentinya aliran darah ini maka lama kelamaan area ambeien akan mengecil dan gelang karet ini akan lepas dengan sendirinya. Jika area ambeiennya besar bisa jadi diperlukan beberapa kali ligasi dengan jarak waktu antara 2-4 minggu untuk tiap ligasi.

Jika kondisi pasien tidak memungkinkan untuk dilakukan ligasi, maka dokter akan menyarankan tindakan skleroterapi. Skleroterapi adalah penyuntikan larutan kimia tertentu langsung pada pembuluh darah yang membesar. Larutan kimiawi akan bekerja mengecilkan pembengkakan pada pembuluh darah. Komplikasi yang bisa terjadi pada skleroterapi adalah infeksi dan reaksi hipersensitivitas terhadap kandungan kimia suntikan.

Jika Anda memahami penyebab dan cara mengatasi ambeien atau wasir berdarah seperti di atas, besar kemungkinan ambeien Anda akan sembuh.

Leave a Comment